Wednesday, November 9, 2016

olahraga tradisional di indonesia yang sudah sangat populer

 Budaya yang mempunyai banyak segi Budaya elegan dalam Hal Seni, Bhs, Rumah kebiasaan, Berolahraga, Permainan serta berbagai Kebiasaan sebaiknya masih sama ada selanjutnya jalur eksistensinya masing masing. Selanjutnya masa Globalisasi ini yang meneror banyak budaya di Jagat terutama diIndonesia, hal semacam ini dikarenakan banyak budaya Tanah air serta banyak jumlah masyarakat di Tanah air dapat menjadikan sirna budaya budaya Di Tanah air. Hal semacam ini semestinya jadi pandangan pemerintah serta pula masyarakat supaya masih sama lakukan kebiasaan atau budaya di Negeri ini. Banyak sebagai pandangan di Tanah air ini misal di akuinya budaya kita dengan Negara lain atau malahan hilang di tempat sebab tak terdapat kesadaran kepada lakukan kebiasaan tradisi yang terdapat di Negeri kita ini.

Selanjutnya orang-orang tak banyak type berolahraga tradisional Tanah air yang nampak di permukaan. Ada banyak berolahraga tradisional yang telah di ketahui pada umumnya merupakan Pencak Silat, Egrang, Bakiak/Terompah, Tarik Tambang, Balap Karung, Karapan Sapi, Gasing, serta Sumpit. Sesaat yang lain, misal Benteng, Kasti, Galah Asin, Benjang, Langga, Manggurebe, Picu Jalur, Pathol serta Zawo-Zawo, Lompat Batu, Sepak Takraw, Bola Api, cuma di kenal dengan generasi terbatas, terlebih di daerah tempat berolahraga itu berasal. Jadi besutan itu kita walau bukanlah di daerah yang mengetahui permainan atau berolahraga itu butuh tahu malahan dapat memainkan permainan itu.
sepak-takraw2
Berikut adalah daftar olahraga tradisional indonesia :
olahraga tradisional indonesia
1. Sepak Takraw

Sepak Takraw merupakan Berolahraga dimainkan oleh langkah misal main sepakbola serta bola voli, namun dikerjakan di lapangan bulu tangkis. Berolahraga ini berasal besutan jaman Kesultanan Malaka (1402-1511) serta dipanggil pula oleh nama sepak raga. Jumlah pemain dalam satu permainan merupakan tiga orang kepada semasing regu.

Pemain sepak takraw tak bisa menyentuh bola oleh tangan, serta cuma bisa memakai kaki mereka maka sepintas beberapa gerakan dalam permainan sepak takraw serupa oleh gerakan seni bela diri. Berolahraga ini sudah mulai sejak lama 'diperebutkan' atau diklaim dengan beragam Negara besutan berawal Malaysia, Laos, Filipina, sampai Thailand.

2. Pathol

Pathol merupakan berolahraga gulat tradisional yang berasal besutan Kecamatan Sarang, Kabupaten Rembang, Jawa Tengah. Konon permainan Pathol sudah terdapat mulai sejak zaman Majapahit, yang awalannya adalah event sayembara kepada mencari kesatria paling baik yang dapat melindungi pelabuhan Tuban yang selanjutnya saat itu ramai dengan perompak serta penyamun.

Beberapa gerakan pathol lalu diadaptasi serta diperkembang dengan pemuda serta orang-orang setempat sampai pada akhirnya tumbuh jadi berolahraga yang disukai serta malahan jadikan kesenian tradisional. Gulat pathol yang biasanya di gelar di pesisir pantai ini kerap diadakan tiap-tiap mendekati purnama atau selanjutnya hari-hari spesial umpamanya bertepatan oleh upacara sedekah laut.

3. Karapan Sapi

Karapan Sapi merupakan berolahraga pacuan sapi yang berasal besutan daerah Madura. Dalam permainan ini, sepasang sapi lah yang 'berolahraga' oleh impresif sejenis kereta kayu melalui lintasan selama 100 mtr.. Joki sapi atau penunggang sapi cuma butuh berdiri di kereta kayu serta mengatur laju sapi-sapinya supaya tak oleng. Namun janganlah disangka jadi joki karapan sapi itu pekerjaan yang gampang ya, sebab sudah pasti dibutuhkan latihan serta ketrampilan yang spesial. Keseriusan warga Madura serta pemerintah Tanah air dalam melestarikan karapan sapi tak main-main.

4. Pencak Silat

Pencak Silat adalah sektor besutan kebudayaan orang-orang Tanah air yang telah berkembang mulai sejak zaman jaman dulu. Pencak silat berakar selanjutnya budaya Melayu serta sudah di kenal ukuran di beberapa Negara misal Malaysia, Brunei, serta Singapura. Pencak silat di Tanah air tak cuma satu macam-macam saja. Banyak versus berolahraga pencak silat yang berkembang sesuai sama oleh nilai budaya orang-orang setempat. Umpamanya pencak silat aliran Cimande yang konon berawal besutan cerita seseorang wanita yang melihat pertarungan dari harimau oleh kera, lalu mengikuti gerakan ke-2 hewan itu.

5. Picu Jalur

Picu Jalur merupakan type berolahraga perahu dayung tradisional yang berasal besutan Riau. Perahu selanjutnya perlombaan picu jalur mempunyai panjang di kisaran 25-40 mtr. oleh awak perahu sejumlah 40 hingga 60 orang. Selanjutnya awalannya picu jalur diadakan di kampong-kampung selama Sungai Kuantan kepada memperingati hari besar Islam misal Maulid Nabi Muhammad SAW, Idul Fitri, atau th. anyar Muharam.

6. Permainan Benteng

Merupakan permainan yang dimainkan dengan dua group, semasing terdiri besutan 4 hingga oleh 8 orang. Semasing group pilih satu tempat yang menjadi markas, umumnya satu tiang, batu atau pilar yang menjadi 'benteng'. Maksud paling utama permainan ini merupakan kepada menyerang serta menggantikan 'benteng' lawan oleh menyentuh tiang atau pilar yang sudah diambil dengan lawan serta meneriakkan kata benteng. Kemenangan pula dapat dicapai oleh 'menawan' semua anggota lawan oleh menyentuh badan mereka. Kepada memastikan siapa yang memiliki hak jadi 'penawan' serta yang 'tertawan' ditetapkan besutan saat paling akhir waktu si 'penawan' atau 'tertawan' menyentuh 'benteng' mereka semasing.

7. Kasti

Kasti atau Gebokan adalah semacam berolahraga bola. Permainan yang dikerjakan 2 grup ini memakai bola tenis yang menjadi alat kepada menembak lawan serta tumpukan batu kepada disusun. Siapa saja yang sukses menumpuk batu itu oleh cepat tanpa ada terserang pukulan bola merupakan grup yang memenangkan permainan. Selanjutnya permulaan permainan, ditetapkan dulu grup mana yang bakal jadi penjaga permulaan serta grup yang dikejar oleh suit. Grup sebagai penjaga mesti selekasnya menangkap bola secepat-cepatnya sesudah tumpukan batu roboh dengan grup yang dikejar.

No comments:

Post a Comment