Sunday, October 16, 2016

film islam terbaik sepanjang masa yang wajib di tonton

 Kita ketahui ada banyak th. yang sebelumnya, jagat Islam digegerkan oleh hadirnya film kontroversial yang berjudul Innocence Of Muslims (2012) yang mengejek Islam serta menjadikan berang semua umat muslim di penjuru jagat termasuk juga Tanah air.

Tetapi, pada akhirnya kemudian nampak film histori Islam yang di buat di th. yang serupa berjudul Fetih 1453 (2012) arahan sutradara Faruk Aksoy yang bercerita mengenai perjuangan Sultan Muhammad al-Fatih yang mengalahkan Istanbul (Konstantinopel). Namun, nyatanya film Fetih 1453 tidaklah film histori Islam perdana sebab beberapa waktu lalu telah terdapat sutradara-sutradara besutan generasi muslim ataupun non-muslim yang berminat mengangkat cerita histori Islam dalam satu film. Berikut ini film-film histori Islam besutan dalam negeri ataupun luar negeri yang berdasarkan saya memberikan inspirasi. Yuk kita lihat bareng2...

1. Fetih 1453 (Faruk Aksoy, Turki, 2012)
film islam terbaik sepanjang masa
Film "Fetih 1453" bikinan Turki yang disutradari Faruk Aksoy ini dihadirkan serentak di beberapa belahan jagat selanjutnya tanggal 16 Februari 2012. Peristiwa diriwayatkannya hadits Rasullullah mengenai penaklukan Konstantinopel jadikan pembuka alur narasi, sekalian menyaratkan yang menjelaskan keseluruhnya visualisasi yang dihidangkan merupakan bentuk penyesuaian besutan cerita riil yang berlangsung beberapa ratus th. silam.
Waktu itu, tentara kesultanan Usmani dibawah komando segera besutan sang Sultan Muhammad II dapat mengalahkan kota oleh pertahanan paling baik di jagat, yaitu Konstantinopel.

Namun, film ini pernah kontroversial lho... tak cuma untuk pemirsa 'Muslim' namun pula non muslim. Saat diputar di Yunani, film ini memperoleh banyak reaksi keras besutan orang-orangnya sebab dikira propaganda Turki, berbuat tidak etis sentimen agama yang bermula besutan kekuasaan Byzantium, kekuasaan Romawi Timur. Nampaknya Yunani telah punya kebiasaan nyaman oleh status quonya yang menjadi ikon heroik bangsa berdasar pada histori dalam banyak film, '300' contoh kecilnya.


Serta nyatanya banyak tanggapan besutan beberapa pemirsa 'Muslim' yang tak memberi memberikan pengaruh positif bagi 'Fetih'. Dikira cuma mengumbar adegan kekerasan sadistik, jalinan percintaan yang digolongkan 'zinah', aurat wanita dimana-mana, atau ekspektasi kita yang sangat tetras bagi profil 'Fetih', Sultan Muhammad II (Mehmed II) yang didasarkan selanjutnya Sirah umum yang sudah di kenal.

So, bila ingin nonton film ini, jadi unggul elegan baca buku sejarahnya terlebih dulu. Sebab di film ini belum menghadirkan keheroikan Sultan Al Fetih.

2. The Kingdom Of Solomon (Shariar Bahrani, Iran, 2010)
Saya belum tahu bisa apa tidak ciri-ciri nabi diperankan segera oleh terang dengan aktor film, terlebih peran nabi Sulaiman. Unggul besutan itu, film ini pas pula buat yang sukai histori Islam sebab tak ada penyimpangan narasi serta ceritanya mengacu besutan Al-Qur'an.

3. Kingdom Of Heaven (Ridley Scott, AS, 2005)

Meskipun sutradaranya tidaklah seseorang muslim, namun dalam film ini serupa sekali tak terdapat unsur penghinaan Islam. Cerita Perang Salib serta Pertempuran Hittin sepertinya harus difilmkan yang menjadi ide serta motivasi untuk keluaran selain itu.

Film ini menceritakan mengenai Perang Salib dalam pojok pandang yang begitu tidak sama besutan umumnya film Hollywood. Di sini tentara muslim yang di pimpin dengan Salahuddun Al Ayubi digambarkan yang menjadi pihak yang begitu memegang penuh norma dalam perang, toleransi beragama serta hak asasi manusia.

4. The Message (Moustapha Akkad, Libya, 1977)

Tentu telah selanjutnya tau film ini. Film ini memang kerap diputar kepada mengingatkan kembali perjuangan dakwah Rasulullah SAW. Bercerita mengenai cerita perjuangan dakwah Nabi Muhammad SAW besutan terima wahyu, berdakwah, pindah ke Madinah, Perang Badar, Perang Uhud hingga merebut kembali kota Mekkah.
Film ini begitu memberikan inspirasi sekali.

5. Lion Of The Desert (Moustapha Akkad, Libya, 1981)

Di buat dengan sutradara yang serupa serta ada banyak pemeran yang serupa dalam film The Message. Film ini bercerita mengenai cerita perjuangan jihad Syekh Omar Mukhtar melwan penjajah Italia. Film yang menceritakan perjuangan pahlawan Libya Omar Mokhtar (diperankan dengan Anthony Quinn), melawan penjajah salibis Italia pimpinan dikator besar Benito Mussolini (diperankan dengan Rod Steiger), di th. 1929. Oleh kemampuan iman serta senjata seadanya, Omar Mokhtar yang populer oleh julukan Singa Padang Pasir (Lion of the Desert) ini berjuang hingga titik darah penghabisan kepada mengusir penjajah Italia besutan bumi Islam Libya. Ia sekuat tenaga melawan ambisi Mussolini serta Rudolfo Graziani (gubernur jenderal Italia di Libya, diperankan Oliver Reed), yang menginginkan kembalikan kejayaan Romawi.

No comments:

Post a Comment